Sabtu, 26 September 2015

Nasib Guru Honorer Benar-Benar Memprihatinkan

Nasib Guru Honorer Benar-Benar  Memprihatinkan - Jika anda mendengar kalimat guru honorer yang terpikir di benak anda adalah berapa sih gaji guru honorer. Ya, ! masalah gaji dan kesejahteraan merupakan hal utama yang sering dijadikan bahan pembicaraan dan bahasan di forum-forum dalam dunia pendidikan di indonesia. Hal ini cukup wajar dikarenakan gaji para guru honorer tidaklah sebanding dengan beban kerja yang mereka tanggung. Mau bagaimanapun guru adalah sosok yang berjasa bagi bangsa ini. Dengan semangat berlandaskan kutipan UUD 45 yaitu "mencerdaskan kehidupan bangsa" mereka tak kenal pamrih untuk terus berjuang demi bangsa. Nasib Guru Honorer yang memprihatinkan ini tak lantas membuat pemerintah berlaku tegas. Mengapa pemerintah meski berlaku tegas ? kepada siapakah pemerintah harus tegas ? Seperti yang banyak kita ketahui selama ini guru honorer di gaji oleh institusi pendidikan itu sendiri tanpa ada campur tangan pemerintah, dan besarnya gaji yang diberikan masing-masing sekolah kepada guru honorer inipun tidak sama. Seorang kuli saja per hari dibayar 50 ribu. Sementara seorang guru honorer teriak-teriak memeras otak dan energi demi anak didik mereka. Mereka berjuang bukan untuk dirinya sendiri mereka berjuang untuk masa depan orang lain yang tak lebih adalah anak didik mereka. Tak pernah terbayangkan kerisauan hati mereka ketika teringat akan upah / gaji yang mereka terima dengan beban kerja sedemikian berat. Hanya kepada Allah SWT yang mereka jadikan sandaran hati dalam pengaduan keadilan hidup. Mereka akan terus menjalani dengan ikhlas tanpa pamrih sesuai dengan gelar yang mereka sandang, "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" itulah guru honore. Kalau guru PNS jelas sudah banyak tanda jasanya. Gaji berlimpah, Tunjangan Berlimpah, Tunjangan Sergu berlimpah belum lagi tunjangan lain-lain. Dinamika sosial yang berbanding antara guru honorer dan guru berstatus PNS. Pemerintah harus menerapkan aturan permasalahan upah dan honor yang diterima oleh para guru honorer yang nasibnya benar-benar memprihatinkan. Buat peraturan bagi manajemen upah yang diterimakan guru honorer. Nasib guru honorer benar-benar memprihatinkan

Nasib Guru Honorer Benar-Benar  Memprihatinkan

Nasib Guru Honorer Benar-Benar  Memprihatinkan

Dikutip dari jpnn.com etua Dewan pengurus pusat SBSI Mohtar Pahpahan mengatakan, gaji guru honorer selama ini masih memprihatinkan. Padahal, kata dia, tugas dan tanggung jawab mereka sama dengan guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS).
“Guru honorer itu hanya menerima gaji sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per bulan dan banyak statusnya masih kontrak meskipun sudah mengajar belasan tahun,” katanya dalam diskusi panel dengan tema “Membangun Kepastian Karier dan Kesejahteraan Guru Honorer serta Kaum Buruh Lainnya” di Graha Ayu jalan Yos Sudarso Kabupaten Ciamis kemarin (26/9).

Dia menganggap hingga saat ini perhatian pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Ketenagakerjaan terhadap guru honorer masih kurang. Hal itu terbukti dari tidak adanya data yang jelas mengenai jumlah guru dan kebutuhan pengajar di setiap daerah.

“Karena itu kita memperjuangkan nasib guru bersama buruh dan pekerja lainnya. Selain masuk dalam organisasi profesi, guru juga merupakan pekerja,” tuturnya.

Asda II Setda Kabupaten Ciamis Soekiman mengatakan saat ini pihaknya mengaku sudah berkomunikasi dengan kelompok buruh dan guru honorer terkait nasib guru dan buruh honorer.
Dirinya pun akan berupaya supaya buruh dan guru honorer mendapat gaji yang sesuai. Semoga saja amin...

Nasib Guru Honorer Benar-Benar Memprihatinkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pralistyaputra

0 komentar:

Posting Komentar