Kamis, 23 Juni 2016

Inilah Logo HUT RI Ke 71 dan Maknanya

Inilah Logo HUT RI Ke 71 dan Maknanya - Sebentar lagi Inonesia akan merayakan hari kemerdekaan ke 71 tepatnya tanggal 17 Agustus 2016. untuk merayakan HUT RI ke 71 banyak agenda tentunya yang sudah disiapkan. salah satu agenda wajib adalah melaksanaka Upacara Bendera HUT RI. selain itu ada juga berbagai acara yang biasanya digelar di kota - kota , deesa hingga pelosok kampung. Semua merupakan wujud rasa syukur kebahagian masyarakat karena telah dianugerahi kemerdekaan yang sampai tahun 2016 tepatnya 17 Agustus 2016 nanti genap berusia 71 tahun.

Inilah Logo HUT RI Ke 71 dan Maknanya

Kembali ke pokok bahasan mengenai Logo HUT RI ke 71 yang telah dirilis oleh Kemensetneg melalui surat Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara yang ditandatangani Sekretaris Setneg Setya Utama Nomor : B-1651/Kemensetneg/Ses/TU.00.04/05/2016 tanggal 25 Mei 2016 tentang Penyampaian Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2016 kepada Para Pimpinan Lembaga Negara, Para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Bank Indonesia, Jaksa Agung, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Para Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Para Perwakilan RI di Luar Negeri, Para Gubernur Provinsi di Seluruh indonesia, dan Para Bupati serta Walikota di Seluruh Indonesia.
Logo HUT RI ke 71 ini merupakan logo yang berkelanjutan dari logo tahun lalu yaitu HUT RI ke 70.
Pada logo 71 tahun ini digambarkan dua setengah lingkaran yang mengilustrasikan bilah baling-baling yang dinamis selalu berputar mendorong pesat ke depan. Hal ini menunjukan komitmen pemerintah untuk kerja nyata dalam memajukan Indonesia. Angka satu yang menembus bidang lingkaran mengarah ke kanan atas merupakan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat agar ber-“satu”, bahu membahu bekerja menembus segala rintangan. Secara tampilan logo 71 Tahun Indonesia Merdeka bernuansa modern dan sederhana dalam tampilan. Hal ini menunjukan sikap pemerintah yang mengutamakan keterbacaan yang jelas/transparansi/informatif dalam seluruh kerja nyatanya. Penjelasan Kepala Bekraf ini pun menjawab sudah pertanyaan masyarakat mengenai arti logo tersebut.

Dari paparan makna logo HUT RI ke 71 diatas kok kelihatanya seolah-olah logo tersebut diterjemahkan pemerintah sebagi aktor utamanya, sementara elemen masyarakat hanya dimaknai satu kali. Pemerintah 2 masyarakat 1 (2-1) Pemerintah akan tetap ingin diatas masyarakat. jika saya kutip lagi ada kalimat "Hal ini menunjukan Komitmen Pemerintah untuk kerja nyata" lho logo itu diciptakan untuk siapa ? milik siapa ? lalu siapa yang berhak memaknai logo tersebut ?

Bukankah indonesia terdiri dari banyak lapisan, bukankah indonesia memiliki rakyat. seharusnya bukan hanya pemerintah yang berkomitmen kerja nyata namun juga semua lapisan terutama elemen masyarakat yang notabenen pemilik indonesia sepenuhnya. Indonesia milik Rakyat bukan milik pemerintah. Pemerintah adalah buruh rakyat. Kata-kata "pemerintah" tidak pantas disematkan kepada wakil rakyat. Pemerintah yang sesungguhnya adalah rakyat. karena rakyatlah yang membayar mereka para wakil rakyat untuk bekerja menata indonesia mencapai baldatun toyibatun wa robbun ghofur.
Waduh kok jadi agak teriak-teriak gini tulisan saya. Anda boleh tidak setuju dengan saya karena semua statemen saya belum tentu benar dan pasti salah.
Langsung saja bagi anda yang ingin melihat penampakan logo  HUT RI ke 71 bisa anda lihat dibawah ini lengkap dengan rincian dan maknanya. (Klik gambar untuk melihat ukuran asli)
Inilah Logo HUT RI Ke 71 dan Maknanya

Itulah paparan sedikit mengenai Logo HUT RI ke 71 yang akan dirayakan pada 17 Agustus 2016 nanti. Jika anda memiliki kritik dan saran tentang apapun silahkan anda sampaikan melalui komentar dibawah postingan ini.

Inilah Logo HUT RI Ke 71 dan Maknanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pralistyaputra

0 komentar:

Posting Komentar