Selasa, 06 Oktober 2015

Calon Peserta UKG Banyak yang Dicoret

Calon Peserta UKG Banyak yang Dicoret - UKG akan dilaksanakan tidak lama lagi. Semua bersiap baik beserta maupun panitia penyelenggara yaitu pemerintah melalui kemendikbud. Sejumlah daerah sudah memulai penyaringan peserta UKG. Alih-alih disambut dengan gembira justru menghadirkan masalah baru bagi guru-guru yang dianggap tidak layak mengikuti UKG. Mengapa dianggap tidak layak ? Karena guru-guru tersebut dianggap guru abal-abal sehingga memungkinkan penyeleksi mencoretnya dari peserta UKG.
Dikutip dari jpnn.com

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata menuturkan, semua guru idealnya memang diharuskan untuk mengikuti UKG itu."Namun harus benar-benar guru. Harus lolos verifikasi dan validasi," katanya di Jakarta kemarin.
Pejabat yang akrab disapa Pranata itu mengatakan laporan bahwa ada guru calon peserta UKG dicoret bisa disebabkan karena sejumlah faktor. Seperti guru itu diangkat oleh sekolah atau satuan pendidikan tanpa aturan yang baku. Sehingga guru ini tidak memiliki database di dinas pendidikan setempat.
Calon Peserta UKG Banyak yang Dicoret
Laporan lainnya yang masuk adalah, calon peserta UKG banyak yang dicoret karena diketahui bukan guru. Contohnya yang terjadi di Pekalongan, banyak ditemukan laboran dan pustakawan yang ikut-ikutan mendaftar untuk mengikuti UKG. Kondisi ini bisa disebabkan karena ada isu bahwa ketika lulus UKG, maka akan mendapatkan tunjangan profesi.
Pranata menegaskan pelaksanakan UKG sama sekali tidak terkait dengan pencairan UKG. Dia mengatakan UKG dilakukan semata-mata untuk pemetaan kualitas kompetensi guru di seluruh Indonesia.
Mayoritas pelaksanaan UKG dilakukan secara online melalui sistem computer based test (CBT). Sedangkan ada sebagian kecil daerah yang masih menjalankan UKG berbasis ujian tulis kertas.
Pejabat yang hobi kuliner Sunda itu menjelaskan, Kemendikbud terus berkoordinasi dengan pemda-pemda terkait pendaftaran UKG itu. Dia berharap dengan UKG ini Kemendikbud bisa menemukan landasan pengambilan kebijakan pembinaan untuk peningkatan kualitas guru.
Demikian sedikit informasi mengenai Calon Peserta UKG banyak yang dicoret.
Baca Juga berita lain : Nasib Guru Honorer Benar-Benar Memprihatinkan
Honorer K2 Harus Ikut Tes CAT Jika Ingin Diangkat Menjadi PNS

Calon Peserta UKG Banyak yang Dicoret Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pralistyaputra

0 komentar:

Posting Komentar