Minggu, 04 Oktober 2015

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan di Indonesia

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan di Indonesia - Dalam sebuah bukunya Jonathan L.Parapak, Chairman Across Asia Multimedia Indonesia, mengatakan ada 7 manfaat penggunaan teknologi dalam pembelajaran, antara lain :

  1. Mempermudah akses iptek terkini secara global kekinian.
  2. meningkatkan kinerja dan kualitas pembelajaran melalui dukungan multimedia interaktif.
  3. Memperluas jangkauan dan khalayak pembelajaran melalui internet dan jaringan multimedia.
  4. Mendorong peran aktif si pembelajar untuk kreatif dan inovatif
  5. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengelolaan lembaga pembelajaran.
  6. Memungkinkan riset yang kompleks dilaksanakan melalui modelling/simulasi dengan jaringan global.
  7. Mempermudah sinergi, integrasi dan jejaring antar ilmu dan lembaga.
Sekarang coba kita mulai dengan membedah poin demi poin pernyataan Jonatahan, yang pertama adalah mempermudah akses iptek terkini secara global kekinian. sebuah teknologi mampu mengakses perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang di seluruh dunia melalui jaringan internet. Ya ! Internet benar-benar bagaikan indera ke-enam manusia saat ini. Dengan internet anda akan mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia, anda akan bisa mendapatkan semua informasi yang anda inginkan, anda butuhkan, mulia dari skala global maupaun yang spesifik. 
Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan di Indonesia

Berkutnya Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan di Indonesia adalah meningkatkan kinerja dan kualitas pembelajaran melalui ukungan multimedia interaktif. Maksudnya dengan memanfaatkan jaringan internet dan multimedia diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan kualitas pembelajaran. Banyak sekali saat ini modul-modul dalam bentuk e-book maupun dalam bentuk media pembelajaran multimedia. Ebook-ebook tersebut tersebar luas di media internet yang bisa digunakan sebagai referensi pembelajaran. Demikian juga dengan munculnya aplikasi-aplikasi multimedia pembelajaran berbasis flash yang akan sangat membantu para peserta didik memahami dan menguasai materi. Dengan demikian kualitas yang dihasilkan dari pola belajar demikian akan memiliki kualitas yang diharapkan.
Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan di Indonesia berikutnya adalah memperluas jangkauan dan khalayak pembelajaran melalui internet dan jaringan multimedia. Pernahkah anda melihat seorang tutor mendemografikan sebuah materi dengan aplikasi multimedia yang dikemas sangat menarik.? apa tujuanya ? sudah jelas untuk menarik perhatian. Para tutor menggunakan multimedia untuk menarik segaligus memudahkan para audien menangkap materi yang disampaikan. Menarik ! ya yang penting menarik dulu. Setelah tertarik pasti akan memperhatikan, kalau sudah memperhatikan pasti akan terekam materi-materi yang disampaiakan. Sebuah trik yang sederhana simple dan sangat jitu. Untuk itulah dunia teknologi ada. Satu gedung semua akan terjangakau materi yang disampaikan berkat sebuah tampilan multimedia yang di proyeksikan menggunakan LCD proyektor. Tidak perlu teriak-teriak dalam menyampaikan materi, tidak perlua menulis di sebuah papan tulis yang cukup besar.
Sementara internet juga tak kalah canggihnya dalam memperluas jangkauan dan khalayak pembelajaran. Seseorang dapat belajar tanpa harus duduk berada didepan seoarang guru. Itulah jasa internet, dengan internet cukup dengan mendownload materi yang diupload oleh guru maka murid akan mempelajari sendiri apa yang dibagikan gurunya. Mudah bukan ? sangat mudah.
Berkutnya Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan di Indonesia adalah Mendorong peran aktif si pembelajar untuk kreatif dan inovatif. Seperti yang di paparkan poin sebelumnya bahwa seorang siswa mendownload materi yang diupload gurunya, hal ini merupakan metode untuk mendorong peran aktif siswa. Jika tidak aktif maka akan tertinggal materi dan informasi. Itu sudah rumus dari penggunaan media teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Yang aktif akan berkembang sementara yang pasif akan tenggelam. Mau tidak mau siswa harus aktif. Dengan demikian siswa akan terlatif keaktifanya, peranya, dan partisipasinya.
Next poin yaitu Meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengelolaan lembaga pembelajaran. dengan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan diharapkan mampu mengefisiensi dari segala segi aspek. Terutama segi keuangan dan sarana prasarana.
Memungkinkan riset yang kompleks dilaksanakan melalui modelling/simulasi dengan jaringan global. dengan hadirnya teknologi dan komunikasi diharapkan mampu memudahkan perencanaan riset yang kompleks melalui sebuah simulasi digital yang mampu diakses melalui jaringan global.
Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan yang terakhir adalah Mempermudah sinergi, integrasi dan jejaring antar ilmu dan lembaga. dengan hadirnya teknologi iinformasi dan komunikasi diharapkan muncul kesinergian dari segi berbagai macam aspek baik dalam urusan materi pembelajaran, cara penyampaian serta pola pikir peserta didik dalam menagkap materi.

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pralistyaputra

0 komentar:

Posting Komentar